Rabu, 06 Februari 2013



 Negeriku Tahun Ular


 



Tahun 2013, dalam penanggalan Cina memiliki zodiak Ular dalam unsur Air. Menurut  Ir. Sidhi Wiguna Teh, MT, seorang arsitek dan urban planner lulusan Universitas Tarumanegara, mendeskripsikan Feng Shui dan prospek property di tahun Ular Air yang ternyata tidak berpatokan pada tahun baru imlek. “Jadi, hari ini kita sudah masuk di tahun Ular Air. Untuk perhitungan ilmu Feng Shui, kita tidak berpatokan pada kalender bulan, tetapi kita berpatokan pada kalender matahari. Pada tanggal 4 Februari, cutting point-nya, kita sudah memasuki tahun Ular Air,” ungkapnya. Untuk gambaran umum menurut Sidhi, di tahun Ular Air,  di  tahun 2013 elemen langitnya adalah air dan elemen buminya itu adalah ular atau kami menyebutnya simbol cabang bumi yang ke-6, dimana elemennya adalah api. “Sebetulnya di perhitungan ilmu Feng Shui ada yang namanya Heavenly Stem dan Earth Branch, Batang Langit dan Cabang Bumi, istilahnya seperti itu. Jadi tahun ini elemen yang hadir adalah elemen langitnya air dan elemen buminya api,” tambahnya.
Lalu bagaimanakah korelasi antara elemen langit yang air tersebut dan elemen bumi yang adalah api dengan prospek investasi properti?  Sidhi pun menjawab, “Bisnis properti jika menurut ilmu Feng Shui, teori lima elemen, termasuk kategori elemen tanah. Di teori Five Elements ini terdapat beberapa siklus; ada siklus produktif, siklus destruktif dan siklus melemahkan. Air  merupakan unsur kekayaan dari elemen tanah. Jadi wealth dari tanah. Itu yang pertama. Kemudian, dari cabang buminya, yang tadi saya sebut api, api bagi tanah adalah support element, karena di dalam teori lima elemen, api melahirkan tanah. Jadi, tahun 2013 ini merupakan tahun bagus bagi dunia properti, karena kedatangan support element dan wealth element.
Sementara praktisi pemasaran on line, Arie Soedewo, pelaku bisnis properti dan juga lulusan Master of Commerce tahun 2000 dari University of Sydney,  berbicara tentang pemasaran dengan menggunakan internet atau sering disebut sebagai on-line marketing.
Menjawab pertanyaan: Bagaimana kontribusi on-line marketing ini dalam bisnis properti, Arie yang kini menjadi property adviser dan praktisi yang fokus pada pemasaran dan penjualan prestige property di Asia Pasifik ini pun mengungkapkan, cakupan dari on-line marketing tidak mengenal lapisan, jangkauannya, skalanya, tidak hanya nasional. Apalagi calon pembeli pun datangnya dari banyak arah. “Jadi untuk pengenalan produk, mempromosikan sebuah produk, terutama di bidang properti, ini ekonomis dilihat dari skala pengeluaran dibandingkan dengan media cetak. Kemudian, durasinya pun, kalau media cetak naik dan dibacanya satu kali saja. Sementara on-line, karena ada agreement dari durasi tersebut saya rasa, penetrasinya luar biasa,” jelasnya. Ia pun menambahkan bahwa on-line marketing sangat efisien dan sangat ideal untuk memasarkan properti. “Kalau dilihat dari sisi cost-nya, bisa hemat hingga 75% dan dengan strategi yang tepat, termasuk fotografi yang menarik efektifitas target pasarnya bisa maksimal,” imbuh Arie.
Dari pihak sisi pemasaran, Andy Roberts, General Manager Rumah123.com menyatakan bahwa sepanjang 2012, Rumah123 mengalami peningkatan pengunjung yang sangat pesat. Hal Ini menjadi indikasi bahwa masyarakat dalam mencari properti sudah semakin berduyun-duyun termasuk melalui penggunaan media online, seperti website rumah123.  Dari pengalaman ini, para agen-agen properti harus melihat kenyataan dan prospek di tahun 2013 serta kenyataan lain tentang penggunaan ‘on-line marketing’ yang semakin lebih tinggi, lebih produktif, dibanding dengan tahun lalu dalam bisnis properti.
Rumah123.com sendiri hingga kini memiliki lebih dari 1,6 juta pengunjung yang melakukan pencarian properti setiap bulan. Rumah123.com menyediakan lebih dari 133.000 listing properti dan memberikan lebih dari 350.000 prospek bagi para agen properti. Sebagai situs properti No.1 di Indonesia, Rumah123.com menjadi sumber no.1 acuan kualitas dalam industri properti, seperti berita properti, tren di atas setiap pesaing lainnya. Rumah123.com telah bermitra dengan Republika Online, Kontan.co.id, Tempo.co, Urbanesia.com, Tribun News Network, Lampung Post dan Pikiran Rakyat Online. Rumah123.com menawarkan solusi pemasaran yang terintegrasi melalui 3 solusi pemasaran secara digital, cetak dan pameran-pameran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar